Subscribe RSS
Lets know about my home town! Nov 13

https://www.google.com/search?q=bangil&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiNrOT4j9HeAhWIOY8KHXerBnsQ_AUIECgD&biw=1252&bih=600#imgrc=R2M8Y8pPbaTd6M:

Aku berasal dari Bangil, Pasuruan. Pasuruan adalah kabupaten di provinsi Jawa Timur.  Pusat pemerintahan berlokasi di Bangil (tempat tinggal saya). Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Laut Jawa di utara, Kabupaten Probolinggo di Timur, Kabupaten Malang di selatan, Kota Batu di barat daya, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Kabupaten ini dikenal sebagai daerah perindustrian, pertanian, dan tujuan wisata.

Kompleks pegunungan Tengger dengan Gunung Bromo merupakan atraksi wisata utama di Kabupaten Pasuruan. Wilayah timur Kabupaten Pasuruan termasuk ke dalam wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Wilayah terluas di Kabupaten Pasuruan adalah kecamatan Lumbang. Kabupaten Pasuruan saat ini di pimpin oleh bapak H. M. Irsyad Yusuf, S.E, M.M.A. dan wakilnya yaitu bapak KH. Mujib Imron, S.Pd. suku di daerah kabupaten Pasuruan ini kebanyakan Jawa, Madura, Tengger, selain itu bisa juga ditemui suku-suku lain seperti masyarakat keturunan Tionghoa-Indonesia, Arab, India, dan ada juga suku banjar.

Kabupaten Pasuruan terdiri atas 24 kecamatan yang dibagi lagi atas 341 desa dan 24 kelurahan yaitu Bangil, Beji, Gempol, Gondang Wetan, Grati, Kejayan, Kratono, Lekok, Ngumbang, Nguling, Pandaan, Pasrepan, Pohjentrek, Prigen, Purwodadi, Purwosari, Puspo, Rejoso, Rembang, Sukorejo, Tosari, Tutur, Winongan, dan Wonorejo. Pasuruan di lintasi jalur pantura Surabaya-Banyuwangi. Kabupaten ini juga dilintasi jalur kereta api lintas timur Pulau Jawa serta menuju Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri dan Kertosono, di Stasiun Bangil terdapat persimpangan jalur tersebut. Bagian barat wilayah Kabupaten Pasuruan terdapat jalur utama Surabaya-Malang, serta ruas jalan tol Surabaya-Gempol yang sementara terputus akibat luapan lumpur lapindo. Gempol merupakan kota persimpangan jalur Surabaya-Malang dengan jalur menuju Mojokerto/Madiun/Solo/Yogyakarta.

Kabupaten Pasuruan memiliki salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur yaitu Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Industri utama di kabupaten ini antara lain Sampoerna di Pandaan, Matshushita (Panasonic), Cheil Jedang Indonesia Rejoso dan PT.Nestle Indonesia di Kejayan.

Pariwisata di bagian barat wilayah kabupaten Pasuruan (perbatasan dengan wilayah Kabupaten Mojokerto dan Malang) adalah dataran tinggi yang cukup sejuk, dan merupakan salah satu daerah tujuan wisata utama Jawa Timur. Kawasan tersebut terdapat villa-villa peristirahatan, dan sejumlah perumahan elit. Kawasan pegunungan ini juga sering digunakan sebagai tempat berkemah. Di antara objek wisata andalan Pasuruan adalah Taman Safari di Prigen, Air Terjun Kakek Bodo di Tretes, Prigen, dan Kebun Raya Purwodadi. Sebelah selatan Kota Pasuruan terdapat gunung bromo, salah satu tujuan wisata utama Jawa Timur. Kabupaten Pasuruan juga memiliki beberapa acara kegiatan, yaitu HUT Pasuruan, Pasuruan Expo, Pasuruan Fashion Carnival (PFC), Pasuruan Fashion on The Street.

Kabupaten Pasuruan memiliki beberapa masakan khas, yaitu Kupang Lontong khas Kraton, Nasi Punel Bangil, Rawon & Sate Komo, Rawon Saminah, Rawon Nguling, Sate kerang Bangil, Sate Kelinci Tretes. Kabupaten Pasuruan memiliki beberapa jajanan khas, yaitu Bipang beras, Lupis Gempol, Klepon Gempol, Tahu Petis, Kampoeng Opak Gambir Sumbersuko Gempol. Serta Kabupaten Pasuruan memiliki beberapa oleh-oleh khas, yaitu Durian Supeno dan Ting Ting Jahe

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in