Subscribe RSS
RUMAH SAKIT UMM & MASJID KH. M. BEDJO DARMOLEKSONO Nov 13

RUMAH SAKIT UMM

 

UMM memiliki Rumah Sakit Pendidikan (Teaching Hospital) Universitas Muhammadiyah Malang dibangun di atas tanah ukuran 32.834 m2. Lokasi pembangunan rumah sakit adalah di desa Landungsari, tepatnya di sebelah timur terminal Ladungsari.

Rumah Sakit ini untuk kegiatan pendidikan kedokteran dan ilmu-ilmu kesehatan dengan menerima pasien umum. Fasilitas  yang ada adalah bangunan utama untuk pelayanan kesehatan, training centre, auditorium, paviliun, masjid, taman, parkir dan pusat kebugaran.

Selain melayani kesehatan dengan pengobatan dan ilmu kedokteran modern, Rumah Sakit Pendidikan UMM juga membuka praktik pengobatan timur khususnya ilmu kedokteran China dan pengobatan alternatif.

MASJID KH. M. BEDJO DARMOLEKSONO

Masjid yang memiliki bangunan bernuansa khas tiongkok ini benar-benar istimewa, karena dibangun bukan oleh komunitas Muslim Tionghoa Indonesia tetapi justru dibangun oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Ketika Universitas Muhammadiyah Malang berencana membangun sebuah Rumah Sakit lengkap dengan masjidnya, Rektorat UMM memutuskan memprioritaskan pembangunan masjid agar segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Rector UMM Dr. Muhadjir Effendy,MAP member nama masjid itu dengan nama masjid KH. M. Bedjo Darmoleksono, nama seorang tokoh pelopor Muhammadiyah di malang lokasi masjid KH. M. Bedjo Darmoleksono itu sendiri terletak di dalam komplek Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang di Jl. Tlogomas, sekitar 500 meter dari kampus III Universitas Muhammadiyah Malang

Dipilihnya arsitektur Tiongkok dengan tiga lapis atap masjid, menandakan bahwa UMM bersifat terbuka,plural dan bisa belajar dari mana saja, termasuk ke negeri china. Tiga lapis atap yang mirip masjid Muhammad Cheng Ho Pasuruan itu, menandakan kekuatan Iman,Islam dan Ihsan.

 

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in